Kalau misal mau mencari kursus rumah tangga yang komplit all in one, then you must really consider this on YOUR LIST!


Nana Adha


Bagaimana Kelas Home Management/Manajemen Rumah Tangga membantumu? Bagaimana perasaanmu berada dan berperjalanan di kelas? Apa yang telah berubah? Apa manfaat yang kamu dapatkan?
Sebelum memutuskan mengikuti Kelas Manajemen Rumah Tangga ini, saya terlebih dahulu mengikuti kelas Rumah Bebas Toxic dan Minim Sampah beberapa tahun lalu jauh sebelum pandemi. 1 kursus itu saja, merubah begitu banyak dalam kehidupan rumah tangga kami, declutter yang benar-benar tidak pernah saya bayangkan sebelumnya ternyata begitu banyak barang dan hal yang saya miliki, dan betapa banyak potensi toxic yang ada di rumah. Semuanya saya lakukan dan rubah secara perlahan dan bertahap. No rush at all, and I do bit by bit.

Kemudian datanglah info tentang Kelas Manajemen Rumah Tangga ini, saya pikir mungkin inilah pelengkap yang saya butuhkan dalam mengelola keseharian di rumah, bisa membantu mengukur bagaimana performa saya sebagai ibu dengan kaca mata sendiri dan melihat ke dalam bukan membandingkan dengan orang lain, bisa membantu melihat hal-hal yang selama ini mungkin tidak terlihat oleh pandangan pribadi karena terbatasnya ilmu saya, dan paling penting adalah membantu saya menjadi seorang Ibu yang berniat menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan amanah sebagai seorang muslimah, seorang istri, seorang ibu.. Saya memulai mengikuti kursus ini dengan berjiwa lapang, mengakui terlebih dahulu betapa banyak potensi kebaikan yang bisa saya ciptakan dengan terus memperbaiki hal-hal yang mungkin sebelumnya kurang baik, dan lebih bersemangat untuk melakukan sesuatu secara lebih sistematis, dengan goal yang juga realistis dengan kondisi di rumah. Intinya saya tidak ingin berpacu menjadi lebih baik dengan kaca mata orang lain, saya hanya ingin belajar menjadi sedikit lebih baik, terus dan terus setiap harinya.

Ngga pernah saya rasakan, tau-tau kelas sudah berakhir dalam waktu 1 bulan, yeaaaay alhamdulillah. Pertama saya mengucapkan syukur yang sebesar-besarnya atas izin Allah saya merasa banyak hal yang saya evaluasi, pertanyakan kepada diri sendiri atas peran selama ini, dan berusaha untuk menjadi lebih baik, a better me for the future. My kitchen is always ready for tomorrow every night, as well as studying room, playing room, living room. Alhamdulillah, I know now how to make these kind of things. Semuanya bukan dilakukan oleh saya saja, tapi dibantu oleh partisipasi seluruh anggota keluarga.

Sekarang, fokus saya adalah menjadi ibu di rumah dengan sebaik-baiknya menurut Allah Subhanahu wa Ta’ala dan berusaha mewujudkannya dengan semua ilmu yang saya dapatkan dari kelas Mba Deasi ini. Maasyaa Allah, jazaakillaahu khayr, baarakallaahu fiik, Mba Deasi!

Apa yang ada dihatimu yang ingin kamu bagi dengan wanita lainnya tentang kelas ini? Mungkin ada kekakuan yang melembut, rasa takut yang berkurang, atau mungkin dapat AHA momen yang bisa kamu bagi dengan saya dan sahabat wanita lainnya? 
Mungkin sebagian besar banyak yang bertanya, apakah kursus ini cocok untuk saya? Saya pikir mungkin ini salah satu kelas yang diciptakan untuk fits all moms and sisters, gimanapun kondisi di rumah masing-masing. Insyaa allah dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk memperbaiki manajemen di rumah tangga kita, juga dengan sharing peserta lain, akan banyak manfaat dan insights yang rasanya susah didapat di luar. Tips dari Mba Deasi walau dengan homestead nya, banyak yang applicable dengan versi kita sendiri di rumah, tenang aja..dan jangan merasa terintimidasi dengan rumah tangga yang lain yaaa, itu kuncinya. Saya kembali menggunakan planner, sesuatu yang bertahun-tahun lalu menjadi pegangan sampai mungkin ketika berhenti bekerja. Planner tiba-tiba raib dari kehidupan saya, berganti sesekali menjadi digital planner. But pen and paper are women’s best friend, kaya kata mba Deasi. Unplugged, sit down, and write. Banyak sekali yang akan kita dapatkan ! Power of Hour, Morning Chores, Afternoon Chores, Weekly Planner, Meal Planner, Daily Planner, Master Lists, and so on, wow.. ternyata banyak banget yang bisa membantu para ibu di rumah untuk memetakan keseharian dan menjalaninya dengan lebih bermakna. My advice is, kalau misal mau mencari kursus rumah tangga yang komplit all in one, then you must really consider this on YOUR LIST!

Bisakah kamu berbagi beberapa kata tentang apa yang kamu pikirkan sebelum masuk ke Kelas Home Management? 
Sebelum ikut kursus ini, saya berpikir tentang kebutuhan terutama memetakan how do exactly I spend my time, day and everyday at home, as a mom, a wife and a muslimah. Apakah saya sudah termasuk orang yang mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya atau belum. Bisa ngga sih saya bikin meal plan, karena sebelumnya saya selalu bikin meal plan, tapi rasanya ada yang kurang, karena saya ngga tau reason behind, why do I have to create one? Jadi sekedar list meal plan, saya sudah sering bikin, tapi ga tau kalau ternyata bikinnya itu dari menggali terlebih dahulu kesukaan keluarga, mana menu yang menu utama, menu emergency, menu sekolah, menu weekend, etc. Such an insight! Dulu juga sebelum kursus saya mikir, ini membantu navigasi saya ngga ya tentang keadaan di rumah? And trust me, you’ll come out after the class with a clearer navigation of every inch of your home. Rasanya semua ada di kepala, sudut sudut rumah yang mungkin ngga terpikirkan atau left out behind.

Seberapa Penting & Mengapa Menurutmu Untuk Semua Wanita Indonesia (Ibu, Istri) untuk memiliki keahlian Manajemen Rumah Tangga ini? Dan untuk mengambil kelas ini? 
Insyaa allah this class CAN HELP US a LOT. Karena membantu membongkar semua sudut di rumah yang kita miliki, dan memperbaikinya kembali secara bertahap. Bukan hanya sudut fisik saja, yang paling penting adalah sudut psikis, pikiran dan mental kita di rumah. Kelas ini juga jangan dianggap sebagai beban yang berat, tapi dijalani dengan perlahan dan konsisten dengan semangat terus memperbaiki. Biidznillah, akan membantu menjadikan kita lebih tenang, rileks, semangat, dan bahagia di rumah.


Search